Pemutihan Terumbu Karang Semakin Parah

Tak Berkategori

Peneliti ingatkan akan terjadi pemutihan terumbu karang secara masif enam hingga 12 bulan mendatang.

Pemutihan Terumbu Karang Semakin ParahPeta pemutihan koral (Guardian Graphic source: NOAA)

Peneliti memperingatkan bahwa bleaching atau pemutihan terumbu karang semakin parah dari waktu ke waktu. Jika hal ini terus terjadi maka bukan tidak mungkin akan terjadi kematian terumbu karang secara masif.

Secara khusus peneliti mengungkap bahwa bleaching di kawasan perairan Samudera Pasifik bagian utara adalah yang terparah. Dalam waktu dua dekade bleaching di kawasan ini telah memasuki tahap yang parah.

 Fenomena ini telah berdampak diberbagai kawasan seperti Kepulauan Mariana, Guam, Hawaii, Kiribati, dan Florida.

“Secara global ini adalah pemutihan terumbu karang besar-besaran. Mungkin fenomena ini awal sebuah peristiwa bersejarah,” ujar koordinator Coral Reef Watch Dr. Mark Eakin dilansir dari The Guardian.

Surga penyelaman di Great ...Surga penyelaman di Great Barrier Reef. Foto: IMAGEBROKER, Alamy

Di Kepulauan Marshall juga telah terjadi pemutihan yang belum pernah diperkirakan. Pemutihan ini terjadi pada sekitar 34 atol dan kepulauan. The Guardian melaporkan menjadi saksi hamparan terumbu karang yang terlihat seperti hutan tertutup salju.

Sementara di kawasan Pasifik Selatan dan Samudera Hindia terjadi kenaikan suhu air laut. Pemanasan suhu air laut terjadi lantaran pergantian musim dan adanya arus. Hal ini juga membuat peneliti khawatir tentang kondisi terumbu karang.

Tahun 1998 terjadi kasus pemutihan koral terparah. Peristiwa ini disebabkan adanya kombinasi badai El-Nino dengan perubahan iklim yang dibarengi pula dengan kenaikan suhu air laut. Setidaknya 15 persen terumbu karang di dunia mati karena peristiwa alam tersebut.

Eakin memprediksi pemutihan terumbu karang juga akan terjadi di Great Barrier Reef, Australia pada awal Januari ini. Menurutnya pemutihan bukan hanya terjadi di wilayah tersebut tetapi hampir di seluruh dunia. “Banyak terumbu akan akan mati. Kemungkinan peristiwa kematian terumbu karang besar-besaran tahun 1998 silam akan terjadi kembali, tepatnya enam hingga 12 bulan mendatang,” ujarnya.

 

Teks dan foto oleh National Geographic Indonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s